Thursday, September 29, 2011

cara merawat baterai laptop supaya tahan lama

·

Baterai sangatlah penting bagi para pengguna laptop. Terutama bagi para pengguna yang selalu memiliki mobilitas tinggi dalam berkegiatan di luar. Jika batreai laptop yang dimiliki tidak awet, maka kegiatan akan sangat terganggu. Dikarenakan baterai laptop yang digunakan selalu minta di isi walaupun laptop baru saja dipakai. Kalau sudah seperti ini bisa dikatakan laptop yang kita miliki bukan laptop lagi, tapi PC rasa laptop hehehe...soalnya kita bisa menggunakan laptop kita hanya kalau laptop kita teraliri listrik. Lalu bagaimana ya agar baterai laptop kita bisa awet? agar semua kegiatan yang kita lakukan tidak terganggu dengan permasalahat baterai laptop yang cuman bisa digunakan sebentar saja.

Berikut adalah beberapa cara agar batrai bisa lebih awet:
  1. Optimisasi power settings. Tampilan pada layar dan hard disk adalah dua sumber konsumsi baterai terbesar. Kebanyakan laptop datang dengan skema penggunaan energi yang dapat memperpanjang baterai laptop anda. Pastikan anda memilih "Max Power" untuk menghemat sebanyak mungkin tenaga.
  2. Redupkan layar. Semakin terang layar laptop saat digunakan, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Dengan kata lain batrai akan cepat habis saat digunakan. Jika anda tidak dapat bekerja dengan yang redup, setidaknya buatlah ia secara otomatis menjadi lebih redup saat tidak digunakan.
  3. Kurangi penggunaan peralatan eksternal. Penggunaan alat-alat eksternal juga membutuhkan tenaga lebih. Maka singkirkan atau matikan USB saat tidak digunakan.
  4. Jangan gunakan WiFi atau Bluetooth. Seperti peralatan eksternal, WiFi dan Bluetooth mengkonsumsi banyak tenaga. Matikan saat tidak digunakan, maka kerja laptop anda akan menjadi lebih ringan.
  5. Jangan menggunakan CD/DVD drive. Hard drive mengkonsumsi banyak energi, tapi CD/DVD drive mengkonsumsi lebih banyak lagi. Maka sebaiknya simpanlah terlebih dahulu data yang ada di CD/DVD ke laptop Anda sebelum digunakan
  6. Hibernate bukan Standby. Standby mengurangi penggunaan energi, namun tidak sebanyak hibernate yang membuat pemakaian energi menjadi nol saat tidak aktif.
  7. Jangan melakukan multitasking. Cobalah untuk mengerjakan satu hal setiap waktu saat anda mengandalkan baterai. Semakin banyak aplikasi yang jalankan, semakin besar beban yang ditanggung laptop anda.
  8. Tutup program yang tidak diperlukan. Semakin banyak program yang sedang berjalan, semakin berat laptop anda bekerja. Tutuplah program - program yang tidak dibutuhkan.
  9. Matikan scheduled task. Jika anda menggunakan scheduled task untuk menjalankan program, aturlah tugas tersebut tidak berjalan saat baterai laptop anda sedang rendah.
  10. Kurangi bermain game. Jika anda tidak memiliki pekerjaan untuk dilakukan, hindarilah bermain game atau menonton DVD. Aktivitas ini menggunakan lebih banyak tenaga dibandingkan membuka email atau menggunakan word processor.
  11. Kondisikan baterai. Baterai baru tidak diisi saat pertama kali anda terima dan membutuhkan proses conditioning untuk dapat mencapai kapasitas puncak. Conditioning biasanya mencakup pengisian penuh dan pengosongan baterai sampai tiga atau lima kali.
  12. Jangan diamkan batrai. Jangan meninggalkan baterai yang sedang diisi tanpa digunakan untuk waktu yang lama. Cobalah menggunakan baterai anda sekali dalam sebulan agar baterai anda tidak kehilangan kapasitasnya.
  13. Bersihkan kontak metal baterai. Pemindahan tenaga yang efisien juga dapat memperpanjang umur baterai anda. Cobalah membersihkan kontak metal setiap beberapa bulan dengan kain halus dan sedikit alkohol.
  14. Sesuaikan suhu. Sama seperti peralatan elektronik lainnya, laptop anda beroperasi dengan lebih efisien jika ia dijaga agar tetap sejuk. Jangan biarkan baterai laptop terbuka pada temperatur ekstrim atau cahaya matahari langsung.
  15. Defrag secara regular. Defragmenting hard drive dapat mengatur ulang file yang ada, sehingga mereka dapat digunakan secara lebih efisien. Semakin efisien kerja hard drive anda, semakin kecil beban yang diterima oleh baterai.
  16. Tambahkan memori. Anda dapat memperkecil ketergantungan memori virtual dan mengurangi konsumsi energi dengan menambahkan memori pada laptop anda.
  17. Tambahkan Baterai kedua. Jika anda ingin memaksimalkan produktivitas dari mobilitas laptop anda, sebaiknya anda memiliki baterai cadangan ditangan anda.
Intinya gunakanlah laptop anda secara bijak. Jangan terlalu memforsir penggunaan laptop, matikan laptop saat tidak digunakan. Maka baterai laptop dan laptop anda tidak akan cepat drop.
Semoga bermanfaat...@_*

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive