Friday, September 30, 2011

Keindahan bali sejak lama

·



Oleh : Alif Rafik Khan

Dalam cover majalah "DIE WOCHE" (Minggu) terbitan 24 Februari 1937 anda bisa melihat foto yang sangat familiar (setidaknya bagi orang Indonesia): penari Bali serta pemandangan sawah dan pohon kelapa! Yup, untuk edisi tersebut DIE WOCHE memang mengangkat Bali sebagai cerita utamanya, dengan judul "Neue Bilder aus Bali" (Foto-foto terbaru dari Bali). DIE WOCHE sendiri adalah majalah ilmu pengetahuan bergambar yang sangat populer zaman Third Reich dan terbit mingguan (kalau kita mungkin sama dengan majalah INTISARI atau NATIONAL GEOGRAPHIC).

Disini kita juga bisa mengetahui bahwa Bali serta keindahannya sudah menarik hati bangsa Eropa dari zaman dulu, dan tempat ini pun telah menjelma menjadi lokasi liburan favorit saat itu. Cuman yang jadi pertanyaannya, terutama bagi saya pribadi: apakah perempuan si penari Bali yang nongol di cover tersebut saat ini masih hidup ataukah sudah meninggal?

Perlu diketahui bahwa di sebagian wilayah Bali pada saat itu, perempuannya masih biasa bertelanjang dada, dan ini menjadi salah satu faktor ketertarikan bangsa Eropa yang selalu senang hal-hal berbau "eksotik". Saya tidak tahu sudah berapa kali Nusantara, dan khususnya Bali, nongol di sampul majalah DIE WOCHE, yang jelas terdapat pula satu edisi majalah tersebut (edisi tanggal 21 Mei 1927, berarti sebelum zaman Nazi!) yang juga memuat cover Bali beserta wanitanya:

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive