Friday, September 30, 2011

Yang harus diperhitungkan saat membeli notebook

·


hallo sobat,dalam posting kali ini ciungtips akan berbagi tips tentang memilih netbook atau laptop. dalam kali pertama kita akan bingung seperti apa sih laptop atau notebook yang bagus itu? seperti apasih prosesor yang bagus itu? merk laptop apasih yang bagus? dan banyak pertanyaan lainya.. eits mari kita sederhanakan pertanyaan kamu dengan baca Tips ini +_&

Berikut adalah tips-tips memilih notebook:

*Prosesor.
Prosesor sebagai otak dari komputer yang menentukan kecepatan akses sebuah komputer merupakan faktor terpenting yang harus sobat lihat. Namun begitu, sebaiknya spesifikasi prosesor ada baiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau aplikasi yang akan Anda gunakan nantinya. Kinerja prosesor standar untuk saat ini adalah jenis Celeron atau Core Duo. Prosesor tipe ini sudah cukup memadai untuk penggunaan internet dan aplikasi office. Tetapi bila sobat menggunakan komputer untuk tujuan lebih tinggi seperti untuk mendesain grafis, mengedit video, dan game, pilihlah prosesor berkinerja tinggi seperti dari jenis Centrino, Core 2 Duo, atau keluaran Intel terbaru jenis Core I series seperti i7, i5, dan i3.

*Memory.
Memory atau RAM (random acces memory), semakin besar memorynya maka akan semakin cepat pula kinerja sebuah notebook. Untuk pemakaian standard, memory dengan kapasitas 1Gb sudah lebih dari cukup. Tetapi bila memungkinkan, gunakanlah kapasitas yang lebih besar, terutama untuk aktivitas mendesain, game, dan video editing.

*Batteray.
Satu kelebihan notebook dibanding PC desktop adalah dilengkapinya dengan tenaga batteray sebagai catu dayanya. Semakin tinggi daya tahan sebuah batteray notebook akan semakin baik. Secara umum daya tahan batteray notebook berkisar antara 2-3 jam. Jika sobat sering mobile dengan notebook Anda maka pilihan notebook dengan daya tahan batteray cukup lama akan sangat cocok buat Anda. Di pasaran ada notebook yang batteraynya bisa tahan sampai 8 jam.

*Display Layar.
Terdapat dua pilihan layar notebook. Yaitu standard dan model wide screen (sudut lebar). Pilihan dengan wide screen kini lebih populer digunakan pada notebook. Untuk resolusi, format minimal yang digunakan umumnya adalah 1024x 768, khususnya untuk tampilan website.

*Harddisk.
Data jenis apa yang akan sobat buat dan simpan di notebook, akan menentukan kapasitas yang dibutuhkan. Jika hanya sekedar file dokumen kerja, harddisk dengan kapasitas menengah sudah cukup. Namun jika sobat gemar menyimpan file lagu MP3, video-vedeo Youtube, dan foto, carilah harddisk dengan kapasitas yang lebih besar lagi.
Optical Disk Drive. Drive Optical yang berfungsi sebagai media simpan alternatif juga perlu di pertimbangkan. Dengan pilihan CD/DVD writer, selain memudahkan sobat memutar cakram data, juga membantu sobat memperluas ruang harddisk dengan memindahkan atau membackup data lama ke dalam bentuk cakram CD/DVD.

*Konektifitas. Ini hal penting juga yang mesti sobat cek. Adanya koneksi seperti port USB, Bluetooth, port LAN, dan WiFi akan sangat membantu pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat atau jaringan komputasi. Untuk kebutuhan mobile computing, WiFi tentu wajib ada karena memungkinkan anda mengakses internet di wilayah hotspot-hotspot yang sekarang banyak tersedia gratis di Mal, Café, atau area kampus Anda misalnya.

*Operating System.
sobat perlu menanyakan apakah pembelian notebook sudah include dengan operating systemnya apa belum karena penjualan notebook di pasaran ada yang tidak termasuk dengan operating systemnya alias dijual terpisah. Dan pilihan operating system apa yang sebaiknya digunakan tentu sangat relatif. Jika sobat butuh yang mudah dioperasikan dan yang paling umum digunakan, pakai OS Windows sudah cukup. Tetapi jika sobat butuh notebook yang handal OS-nya, bisa menjatuhkan pilihan pada notebook Mac atau pakai Linux yang terkenal lebih aman untuk berselancar di internet.

* Budget.
berapakah anggaran kamu? apakah kamu cukup puas jika hanya memakai netbook saja? nah hal ini penting karena pada dasarnya tetapkanlah range harga sesuai ukuran budget yang kamu mampu.

* type dan merek.
tentukan beberapa merk dan type untuk kamu lock sebagai firts choice dan second choice, cari sebanyak-banyak nya info tentang merk dan type yang sudah kamu incar. manfaat kan teman,facebook,ataupun bertanya di yahoo answer.

*kurs Dolar.
perhatikan oleh kamu bahwa harga komputer biasanya mengikuti kurs dolar,so manfaatkan momen saat dolar sedang stabil.

* kunjungi pameran komputer.
kunjungi stand pameran komputer karena disini biasanya ada diskon khusus juga bonus ataupun cashback yang bisa menghemat budget kamu.

mmm,.. mungkin itu yang bisa ciungtips bagi untuk sobat semua, *_* apakah ada tambahan ide dari kamu sobat? silakan tinggalkan komentar yah,,. terimakasih *_^

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive