Wednesday, December 16, 2009

Berpikir Kritis Kunci Kemajuan Bangsa Indonesia (kompetisi website kompas muda-kfc)

·

Berpikir Kritis Kunci Kemajuan Bangsa Indonesia

Bangsa ini sudah sangat mendambakan adanya perubahan. Perubahan yang paling mendasar adalah perubahan pola pikir dan cara pandang terhadap sesuatu. Dengan berpikir kritis dan bertanggung jawab, maka akan terbentuk suatu tatanan kehidupan yang penuh dengan harmonisasi antara kepentingan dan permasalahan yang terjadi.
Berpikir kritis sendiri adalah sebuah proses yang tidak akan selesai. Seseorang dapat berkesimpulan tentatif berdasarkan evaluasi dari informasi yang ada. Tetapi, jika ada informasi baru yang ditemukan maka proses evaluasi harus dijalankan kembali.dan dalam posisi kita sebagai makhluk sosial maka berpikir kritis saja belum cukup, kita pun dituntut untuk bersifat dan bersikap rendah diri karena kebenaran yang diperoleh dari hasil pemikiran bersifat relatif.
Dan dari pengamatan kami, kami bisa mengatakan kondisi masyarakat indonesia sekarang, yakni :
- Sangat sulit untuk menghapus pendapat lamanya walaupun sudah disodori bukti-bukti yang belum mereka ketahui sebelumnya.
- Sangat sulit untuk berpikir lurus untuk menyikapi sesuatu yang berhubungan dengan uang atau penghasilan walaupun ada bukti bahwa hal tersebut akan merugikan dirinya atau orang lain.
- Sangat sulit untuk dapat mengatasi egonya dengan arif mengakui bahwa teori/pendapatnya adalah salah walaupun sudah ada yang memberi bukti.
Demikian sedikit pembahasan dan beberapa kesimpulan yang bisa kami paparkan. Semoga tulisan yang sedikit ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive