Friday, October 28, 2011

Apple Tantang BBM BlackBerry dengan iMessage

·

iphone 4 Apple baru-baru ini merilis sistem operasi terbaru mereka, Apple iOS 5 yang hadir bersama dengan iPhone 4S terbaru mereka. Dalam OS baru ini, Apple menyediakan fitur iMessage yang memungkinkan antar pengguna melakukan chatting, kirim foto, lagu, gambar, ataupun video.

Berbeda dengan BlackBerry Messenger, iMessage pada Apple iPhone tidak perlu menggunakan PIN. Smartphone ini secara otomatis akan mendeteksi nomor telepon mereka yang menggunakan produk iPhone.

Selain iMassage, fitur baru yang ditawarkan iOS5 adalah Notification. Ini adalah fitur notifikasi baru yang dapat diakses cukup dengan menggeserkan pada layar. Hadirnya fitur ini menghilangkan menu pop-up. Kita dapat melihat notifikasi pesan, panggilan tak terjawab, update aplikasi, ticker saham, kalender dan cuaca.

Yang menarik, konsumen iPhone 3GS maupun iPhone4 yang belum bisa menikmati fitur itu karena masih mengunakan sistem operasi terdahulu kini dapat melakukan upgrade sistem operasi ponselnya ke OS teranyar Apple iOS5.

“Dengan melakukan upgrade ini, semua fasilitas terbaru yang dikeluarkan Apple untuk iPhone dapat dinikmati dari kedua ponsel tersebut,” kata Lisa Widyawati, Head of Sales and Marketing PT Sinar Eka Selaras (SES) distributor resmi produk Apple di Jakarta, 28 Oktober 2011. “Dengan demikian, iPhone mereka akan menjadi lebih eksklusif,” ucapnya.

Menurut Lisa, konsumen yang membeli iPhone 3GS atau iPhone 4 resmi dipersilakan untuk melakukan upgrade OS secara gratis untuk dapat menikmati kecanggihan terbaru teknologi Apple. “Fitur-fitur inilah yang membuat iPhone menjadi menarik bagi pengguna,” ucapnya.

Selain iMessage dan Notification, pada iOS 5 ada pula aplikasi Mail yang mendukung format rich text sehingga pengguna dapat mengatur tampilan huruf yang tampil pada email. Dengan aplikasi ini pengguna juga lebih memudah dalam menulis email, menandai pesan dan memasukkan kontak.

Perubahan yang paling menonjol, iOS 5 membebaskan pengguna dari perangkat lain, sebab semuanya dapat dilakukan dengan Over The Air (SES bekerjasama dengan operator XL Axiata untuk memasarkan produk mereka). Tak perlu lagi komputer untuk melakukan sync, backup, dan restore. Cukup menggunakan fitur iCloud. iClouds juga memberikan email gratis dengan domain @me.com yang berukuran 5GB.

Saat ini Apple memang belum memberikan informasi seputar kapan iPhone 4S akan tersedia untuk pengguna di Indonesia. Namun pengguna yang ingin memiliki iPhone bisa lebih dulu memilih iPhone 3Gs dengan harga Rp3,99 juta atau iPhone 4 seharga Rp6,99 juta yang bisa diupgrade OS-nya ke iOS5.

0 comments:

Blog Archive