Sunday, October 16, 2011

Mengintip Makanan Khas Pulau Bawean Empek-Empek

·

Media Bawean, 16 Oktober 2011



Empek-Empek adalah makanan khas Pulau Bawean, walaupun namanya sama seperti makanan khas Palembang bernama Empek-Empek, tetapi bahan serta kekhasan makanan sangatlah berbeda, termasuk rasanya memiliki ciri tersendiri.


Mariyam asal desa Sukalela, Tambak ditemui Media Bawean (16/10/2011) mengaku sudah puluhan tahun berprofesi sebagai penjual empek-empek sebagai makanan khas Pulau Bawean. Ketertarikan sebagai pembuat empek-empek, alasaannya termasuk salah satu makanan khas yang disukai banyak kalangan, dari orang tua sampai anak-anak.


Membuat empek-empek Bawean, menurut Mariyam sangatlah mudah dan bahannya sangat sederhana, tapi rasanya sangat enak bila di makan dengan sambal atau saos.


Bahan-bahannya, tepung kanji dicampur air sedikit, lalu dicampur telur, kemudian ditambah micin dan bawang putih secukupnya yang dilembutkan , lalu menambahkan ikan yang sudah halus dengan membuang tulangnya serta di blender.


Setelah bahan tercampur jadi satu, selanjutnya melembutkan menggunakan tangan sehingga hasilnya bercampur jadi satu. Tahap berikutnya adalah menggoreng, lalu dimakan terasa sangat enak dan gurih. (bst)

0 comments:

Blog Archive