Sunday, October 16, 2011

Cara Menghemat Baterai Blackberry

·

Semakin canggih fitur dan fasilitas pada smartphone, maka kinerja prosesor akan bertambah berat, dan pada akhirnya berbuntut pada energi baterai yang cepat terkuras. Seperti halnya pada smartphone dari BlackBerry OS 6 dan OS 7, karena fitur dan layanan yang mumpuni, banyak pengguna yang akhirnya mengeluhkan bila baterai di smartphone ini relatif boros. Nah, situs helpblog.blackberry.com (14/10/2011) telah memberikan kiat-kiat yang bermanfaat dari RIM (Research In Motion) untuk memaksimalkan kemampuan baterai di BlackBerry.


1. Langkah pertama ini masih standar, yakni matikan aplikasi atau fitur yang tidak digunakan. Jangan sekedar tekan tombol ‘back’, tapi benar-benar log out/exit dari aplikasi.
2. Matikan koneksi yang tidak dibutuhkan, seperti WiFi atau bluetooth.
3. Bila kualitas jaringan 2G memadai, lebih baik matikan jaringan 3G, sebab jaringan 3G meski punya performa koneksi data internet lebih cepat, tapi juga lebih cepat menguras baterai.
4. Gunakan holster atau pouch (sarung) untuk menyimpan BlackBerry Anda, perlu diketahui bahwa layar pada BlackBerry akan redup otomatis saat dimasukkan ke dalam sarung.
5. Yang ini merupakan asesoris tambahan, gunakan charging pod, sehingga Anda tetap bisa memantau BlackBerry yang di charge selagi aktif bekerja di meja.
6. Manfaatkan fitur auto on/off, Anda bisa mematikan dan menghidupkan BlackBerry otomatis berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Fitur ini bisa Anda atur lewat menu options > auto on/off .
7. Perhatikan pengaturan backlight pada layar. Options > screen/keyboard. Semakin terang dan semakin panjang waktu backlight timeout, maka baterai akan terkuras lebih banyak.
8. Yang terakhir, lakukan secara berkala untuk membersihkan konektor metal pada betarai. Hal ini bisa dilakukan cukup sebulan sekali untuk menjamin pasokan listrik yang lancar. (Haryo Adjie Nogo Seno)

0 comments:

Blog Archive