Thursday, October 13, 2011

Ahli robot Jepang klaim telah membuat robot yang mampu berpikir seperti manusia

·

Sebuah robot yang dapat berpikir nampaknya menjadi sebuah hal yang bukan tidak mungkin lagi. Seorang peneliti di Jepang Bernama Osamu Hasegawa mengklaim telah berhasil menciptakan robot yang dapat belajar dari pengalamannya dan menyelesaikan masalah.
Osamu mengatakan, saat ini perkembangan teknologi robot sangatlah pesat. Namun untuk robot yang dapat berpikir selayaknya seperti manusia, masih menjadi sebuah kendala. Umumnya sebuah robot hanya bisa melakukan tugas-tugas tertentu yang sudah ditentukan dengan sebuah bahasa pemrograman.
Menurut dia, robot jenis tersebut tidak akan terlalu banyak bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu dia menggunakan Self Organising Incremental Neural Network atau disebut SOINN, sebuah algoritma yang memungkinkan robot untuk belajar dari pengalamannya.
Di laboratorium, robot ini diajari untuk melakukan beberapa tugas, seperti menuang teh, memegang botol, meletakkan cangkir dan lain-lain. Dengan adanya pembelajaran di laboratorium tersebut, robot ini akan dapat melakukan tugas yang sama di lain waktu.
Saat ini, timnya sedang mengembangkan metode agar robot ini dapat belajar melalui jaringan internet. Dia berharap akan ada sebuah robot yang dapat berpikir dan terkoneksi langsung dengan internet.

0 comments:

Blog Archive