Monday, October 3, 2011

Cara copy alamat website dari komputer ke HP

·

Ketika kita sedang berselancar internet di komputer/PC, mungkin sering terdampar di situs-situs yang menarik seperti info kuliner, kesehatan, hiburan, atau lainnya. Bila kebetulan kita ingin mengunjungi lagi situs-situs tersebut di handphone, kita tak perlu mengetik ulang URL (Uniform Resource Locator) atau yang lazim disebut alamat website, misalkan www.facebook.com. Cukup dengan aplikasi mobile barcode, alamat website langsung bisa dicomot ke handphone. Untuk pengguna handphone Nokia pada beberapa seri seperti E71, E75, N95, dan N82 telah disisipi aplikasi Mobile Barcode. Namun, untuk yang belum tersedia bisa mengunduh aplikasi tersebut dengan nama UpCode secara gratis dari Ovi Store atau di situs http://www.upc.fi/en/upcode/instructions/download/.

Internet browser pada komputer yang mendukung cara mudah ini adalah FireFox. Pada browser ini harus diinstal atau diaktifkan dahulu add-ons Mobile Barcoder. Fungsi add-ons ini adalah untuk menghasilkan kode-kode tertentu dari alamat website yang sedang dikunjungi. Bila browser ini telah dipasang add-ons tersebut, di pojok kanan bawah akan muncul ikon kecil kotak hitam dan jika kursor di arahkan ke titik tersebut, maka akan muncul kode tertentu. Selanjutnya kode ini bisa dicomot oleh handphone berkamera dengan mengarahkan kamera ke kode tersebut untuk mendapatkan alamat website yang sedang dibuka. Bila sudah benar posisi barcode tertangkap kamera, otomatis alamat website sudah tersalin dan bisa melanjutkan membuka alamat website tersebut di handphone. Mudah, bukan? (Gunarto)

Menginstal Mobile Barcoder di FireFox
Mencari add-ons ini sangat mudah, dari mesin pencari Google, ketik kata kunci mobile barcoder – Add-ons for FireFox. Maka akan muncul Mobile Barcoder versi 0.2.0, lalu klik Add to FireFox untuk menginstalnya. Agar efektif, sebaiknya browser FireFox direstart. Ukuran Add-ons ini sangat kecil, yaitu 25kb. Ada pengaturan style (data matrix/QR Code) dan size (small, medium, large, XL, XXL), dari browser FireFox> Tools> Add-ons> Preferences> Mobile barcodes option.

Mencomot Kode ke Handphone
Pastikan handphone kita sudah terdapat aplikasi Mobile Barcode, bila belum tersedia kita bisa menginstal UpCode. Setelah siap, bukalah aplikasi ini, lalu arahkan kamera ke kode yang muncul di sudut kanan bawah. Saat dicoba, cukup sensitif, dalam waktu 2-3 detik aplikasi ini dapat menangkap kode yang muncul. Untuk mengunjungi alamat website yang sudah tersalin, pastikan kartu operator kita sudah GPRS dan cukup pulsa, atau handphone kita sudah terhubung ke WiFi.

Semoga Bermanfaat

Sumber @indofiles.org

0 comments:

Blog Archive