Saturday, October 15, 2011

Foto bumi dari luar angkasa pertama kali

·

Foto pertama Bumi dari orbit Bulan pada tanggal 23 Agustus 1966 yang diambil Oleh NASA's Lunar Orbiter I. Credit: NASA
Inilah Hasil Foto Pertama Bumi yang Diambil dari Luar Angkasa - Tahukah Anda seperti apa foto Bumi yang diambil pertama kali dari luar angkasa? Foto Bumi yang pertama di ambil dari luar angkasa yaitu pada tanggal 23 Agustus 1966 oleh NASA's Lunar Orbiter, sebuah pesawat pengintai tanpai awak yang mengambil gambar Bumi dari orbit Bulan. Tapi jangan bayangkan foto itu sebagus foto-foto Dunia saat ini, karena memang teknologi yang digunakan belum seperti secanggih kamera jaman sekarang.
Sebelumnya sekitar tahun 40, 50, dan 60-an, gambar Bumi juga sudah pernah diambil dari luar angkasa, tapi saat itu gambar yang diambil bukan Bumi dalam bentuk utuh (bola) melainkan hanya salah satu permukaan bagiannya saja.
Lunar Orbiter sendiri awalnya digunakan untuk memetakan keadaan bulan untuk mencari tempat yang tepat untuk mendaratkan astronot di bulan pada misi Apollo. Kamera yang digunakan utnuk mengambil foto bumi yaitu sebuah kamera onboard yang memiliki dua lensa kembar yang dapat mengambil foto secara simultan. Kamera ini didesain oleh Eastman Kodak dan dipergunakan untuk Departemen Pertahanan Amerika.
(sumber:astronomi.us)

0 comments:

Blog Archive