Saturday, October 15, 2011

Gitar Terkecil Di Dunia

·


Inilah alat musik terkecil yang pernah ada di dunia. Sebuah gitar miniatur yang terbuat dari silikon kristal, 10 mikron panjangnya (sekitar ukuran sel darah merah manusia), dengan enam senar yang masing-masing lebarnya sekitar 100 atom.



Bagaimana cara kerjanya? Meskipun gitar nano pertama diciptakan pada tahun 1997 di Cornell University, model keduanya dibuat pada tahun 2003 namun sebenarnya instrumen ini tidak "dimainkan". Karena mereka begitu sangat mungil, denting senar hanya bisa terdengar oleh target mereka dengan miniatur laser dalam mikroskop atom.



Darimana asalnya? peneliti Universitas Cornell, Dustin W Carr menciptakan gitar nano di bawah arahan Profesor Harold G Craighead. Proyek ini dimaksudkan hanya untuk senang-senang, dan sebagai cara beriklan di media mengenai nanoteknologi . Meskipun tidak ada potensi musik yang besar atau permintaan untuk gitar ini, silikon kecil yang tak terdengar oleh telinga manusia ini, adalah titik untuk menggambarkan bahwa nanoteknologi begitu tepat dan rincinya - ilmu membuat molekul- yang proporsional, perangkat elektromekanis fungsional - telah terjadi. Dr Craighead dan timnya melanjutkan untuk menciptakan bahkan mesin yang lebih kecil - seperti nanoscales yang dapat mengukur berat bakteri individu, perekaman data dan mendiagnosa kondisi medis pada tingkat atom.

0 comments:

Blog Archive