Monday, October 3, 2011

Jus terbaik untuk diet

·

Tidak semua jus buah itu sehat dan baik untuk diet. Meskipun kaya serat dan vitamin, beberapa jenis buah khususnya yang sudah dicairkan bisa mengandung lebih banyak gula dan kalori daripada dimakan langsung.
Agar tidak terjebak dalam konsep ‘jus buah itu sehat’, sebaiknya ketahui dulu buah apa saja yang sehat untuk diet, seperti dikutip dari Real Simple.

1. Jus Apel
Jus apel hanya mengandung kalori sebesar 117, per sajian delapan ons. Sari apel alami mengandung polifenol, jenis antioksidan yang bisa melawan kanker. Selain itu juga kaya akan potassium, zat besi dan vitamin C. Nutrisi pada jus apel memang tidak sebanyak jika dimakan secara utuh, karena sebagian besar serat dan nutrisi terdapat pada kulit apel. Tapi Anda bisa mendapatkan manfaat yang kurang lebih sama jika apel diblender bersama kulitnya, dan diminum tanpa disaring.

2. Jus Cranberry
Jus cranberry mengandung vitamin C, antioksidan, flavonoid (baik untuk jantung) dan antibakteri. Kalorinya juga sedikit, hanya 116 per sajian delapan ons. Cranberry memiliki rasa yang cukup asam, jadi mungkin kurang cocok bagi penyuka minuman manis atau menderita maag. Menambahkan gula juga bukan solusinya, karena akan menambah kandungan kalori. Sebaiknya diminum setelah makan siang atau malam.

3. Jus Anggur
Dalam 8 ons, anggur merah memiliki 154 kalori. Buah yang termasuk dalam kelompok berry ini mengandung resveratol, senyawa pada kulit anggur yang dipercaya ampun mencegah kanker. Anggur juga kaya vitamin C dan potassium. Pilihlah anggur merah dibandingkan anggur putih untuk membuat jus, karena mengandung lebih banyak resveratrol di kulitnya.

4. Jus Grapefruit
Hanya mengandung 96 kalori, namun kaya akan vitamin C, potassium, lycopene dan beta karoten. Grapefruit bisa menimbulkan reaksi jika digabungkan dengan obat tertentu, membuatnya tinggal lebih lama di pembuluh darah. Jika Anda sedang mengonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter agar lebih aman.

5. Jus Jeruk
Jus jeruk merupakan sumber vitamin C, potassium serta folat, dan hanya mengandung 110 kalori. Pada beberapa produk jus dalam kemasan, biasanya ada tambahan nutrisi lain seperti kalsium, vitamin D dan asam lemak omega-3.

6. Jus Nanas
Jus yang diperas langsung dari nanas segar mengandung bromelain, jenis enzim yang banyak ditemukan pada buah-buahan yang berfungsi mengatasi masalah pencernaan. Jus nanas yang kaya vitamin C dan vitamin B6 juga bisa mengurangi iritasi. Dalam satu ons jus nanas, mengandung 133 kalori.

7. Jus Buah Delima
Buah yang juga disebut pomegranate ini merupakan sumber antioksidan, salah satunya ellagic acid. Zat ini bisa memblokir reproduksi sel-sel kanker. Mengombinasikan jus buah delima dengan blueberry atau acai, bisa memberikan Anda minuman super yang kaya antioksidan.

8. Jus Tomat
Mengandung hanya 53 kalori, jus tomat merupakan buah paling aman jika Anda sedang menjalani program diet. Beberapa nutrisi yang terkandung diantaranya potassium, lycopene, vitamin C dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan kulit serta mata. (Sumber: Detik.com)

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive