Saturday, October 15, 2011

Kekurangan sepakbola indonesia

·

b adan sepak bola Asia baru atau AFC baru saja selesai melakukan penilaian atau verifikasi terhadap tim sepak bola Indonesia yang akan berlaga pada Indonesia primier legue atau IPL. Dari hasil yang verifikasi yang dilakukan oleh AFC terdapat 4 kekurangan dalam dunia persepak bolaan Indonesia, apa sajakah itu?

kekurangan sepak bola indonesia
Kekurangan yang pertama adalah minimnya fasilitas yang berkualitas, meskipun banyak stadion di Indonesia tapi hanya sedikit yang bisa dikategorikan sebagai stadion kelas A. mayoritas stadion di Indonesia tidak memiliki lampu,kursi independen bagi penonton,serta kursi yang bernomor. Dari kekurangan tersebut pihak AFC telah berdiskusi dengan pengelola stadion tentang apa saja yang perlu diperbaiki.

Kekurangan yang kedua adalah ketertiban organisasi dalam pelaksanaan pertandingan. Karena begitu banyaknya penonton dan antusiasme media, tentu ketertiban pertandingan sangat penting jika ingin jadi tuan rumah berskala internasional

Kemudian kekurangan ketiga adalah manajemen klub dan profesionalitas manajemen klub yang masih kurang optimal, selain itu keuangan klub serta legalitas klub juga masih sangat lemah. Sedang yang keempat adalah sistem pembinaan usia muda. Kami melihat klub memiliki pembinaan pemain muda tapi itu hanya di usia atas, tapi tidak memiliki struktur seperti usia U12 dan seterusnya. Tidak ada kompetisi yang aktif untuk kategori usia ini.

Namun demikian AFC juga memberikan kelebihan sepak bola kita yaitu tingginya minat dari media dan luasnya jangkauan stasiun televisi serta begitu antusiasnya masyarakat Indonesia terhadap sepakbola. Dua aspek ini sangat penting bagi masa depan sepakbola Indonesia.

0 comments:

Blog Archive