Tuesday, October 4, 2011

Rahasia yang terkandung dalam lebah

·

Headline

London – Lebah madu memiliki sistem kastanya sendiri, yakni ratu atau pekerja. Peneliti mengaku berhasil mengungkap rahasia di balik penentuan itu. Apa itu?

Menurut peneliti, nasib lebah menjadi ratu atau pekerja ditentukan larva belum lahir. Sebelumnya seperti ditulis DM, lebah ratu diduga kuat ‘terpilih’ dari larva biasa dan ‘diberi makan’ royal jelly untuk ‘memahkotai’ ratunya.

Royal jelly merupakan sekresi kaya protein yang terkadang dimakan pula oleh manusia sebagai suplemen kesehatan. Namun, nampaknya nasib mereka telah dipetakan sejak awal kehidupannya.
Ilmuwan Jianke Li dari China dan rekannya menemukan, banyak perbedaan utama selama masa awal kehidupan lebah dalam aktifitas protein di mitokondria antara lebah yang ditakdirkan sebagai keluarga kerajaan dan pekerja.
Perbedaan terletak pada jumlah protein dalam sel dan cara protein berlaku. Pada larva pra-ratu, protein jauh lebih aktif dibanding pada pekerja.

“Artinya, protein memiliki peran penting dalam proses penentuan kasta,” katanya.
Meski gen ratu dan pekerja hampir identik, nasib mereka jelas berbeda.
“Ratu berukuran besar untuk reproduksi dan pekerja berukuran kecil untuk menjaga memelihara aktifitas koloni,” paparnya.

Selain itu, usia lebah ini juga berbeda, ratu bisa hidup satu hingga dua tahun dan pekerja hanya hidup enam hingga tujuh pekan.

Hasil studi ini diterbitkan di Journal of Proteome Research.

0 comments:

Blog Archive