Sunday, October 9, 2011

Samsung dianggap plagiat oleh apple

·

Apple menggugat Samsung ke pengadilan karena dianggap melanggar hak properti intelektual pada produk iPad, iPod, dan iPhone dalam jajaran produk tablet Galaxy Tab dan ponsel Galaxy.


Seperti dikutip dari situs Cnet, gugatan tersebut telah didaftarkan ke pengadilan sejak pekan lalu, dengan pokok keberatan terhadap beberapa produk Samsung Galaxy, baik smartphone maupun komputer tablet.

Dalam dokumen gugatan di U.S. District Court for the Northern District of California, Apple menilai Samsung meniru secara terang-terangan teknologi, desain, dan kemasan produk.

"Samsung memilih meniru teknologi inovatif Apple, daripada mengembangkan produk secara independen, sehingga dianggap melanggar hak properti intelektual Apple," demikian pernyataan Apple seperti dikutip dari ComputerWorld, hari ini.


Samsung merupakan vendor global pertama yang menantang Apple iPad dengan Samsung Galaxy Tab. Selain Galaxy, mereka juga salah satu produsen terbesar handset Android.

Komplain yang diajukan Apple termasuk 10 pelanggaran paten, dua pelanggaran hak cipta dan praktik bisnis yang tidak fair. Apple mengajukan Samsung Electronics, Samsung America, dan Samsung Telecommunications America sebagai pihak yang bertanggungjawab.

Produk yang diklaim meniru Apple termasuk ponsel Epic 4G, Captivate, Indulge, Nexus S, Galaxy S, dan tablet Galaxy Tab. Pihak Samsung sendiri belum memberikan komentar terkait gugatan ini.

Perwakilan Samsung mengatakan bahwa mereka akan merespon perkara hukum ini melalui langkah-langkah hukum yang sewajarnya untuk melindungi properti intelektual mereka juga.

"Pengembangan teknologi inti dari Samsung dan penguatan portofolio properti intelektual adalah kunci dari kesuksesan berkesinambungan kami,” ujarnya seperti dikutip dari Cnet

0 comments:

Blog Archive