Saturday, July 24, 2010

3 Warga Spanyol Tuntut Penyerangan Flotila oleh Israel

·

3 Warga Spanyol Tuntut Penyerangan Flotila oleh Israel

Sergapan pasukan Israel di Mavi Marmara

MADRID - Dua orang aktivis dan seorang jurnalis asal Spanyol yang sempat ditangkap oleh Israel, pada serangan terhadap kapal bantuan kemanusiaan ke Gaza beberapa waktu lalu, melayangkan tuntutan terhadap Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.


Ketiganya menuduh Benjamin Netanyahu beserta enam anggota menteri kabinet dan seorang komandan Angkatan Laut Israel, telah melakukan penahanan ilegal yang disertai dengan penyiksaan dan deportasi.

Warga Spanyol tersebut menyatakan mereka yang dituntut, dianggap telah melanggar hukum internasional. Seperti dikutip BBC, Sabtu (24/7/2010), pihak Pengadilan Spanyol sendiri belum menerima tuntutan yang dilayangkan atas ketiga warganya.

Sementara Dewan HAM PBB telah menunjuk tiga ahli independen untuk menyelidiki insiden penyerangan terhadap konvoi kapal bantuan kemanusiaan itu. Ketiga ahli tersebut adalah Sir Desmond de Silva dari Inggris, Karl Hudson-Phillips dari Trinidad dan Tobaga serta Mary Shanthi Dairiam dari Malaysia.

Israel sendiri telah melakukan penyelidikan atas peristiwa penyerangan yang menewaskan sembilan relawan asal Turki tersebut. Namun banyak pihak mengatakan jika hasil penyelidikan dari pihak Israel tersebut bisa jadi tidak sepenuhnya independen.

Insiden ini sendiri telah menciptakan ketegangan antara Israel dengan Turki. Sebelumnya Turki dianggap sebagai sekutu terdekat Israel dari negara muslim yang ada di dunia.

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive