Saturday, July 24, 2010

36 Finalis Abnon 2010 Rebut Gelar Duta Wisata & Budaya

·

36 Finalis Abnon 2010 Rebut Gelar Duta Wisata & Budaya

Ajang Pemilihan Abang & None Jakarta 2010 telah memasuki babak akhir. Sebanyak 36 finalis telah terpilih dari enam wilayah di DKI Jakarta. Di mana mereka kini tengah mengikuti masa karantina untuk mendapatkan pembekalan dan pelatihan menjadi Duta Wisata dan Budaya yang handal dalam mempromosikan daya tarik Kota Jakarta sebagai destinasi wisata.

Setelah menjalani masa karantina selama 12 hari, pada hari Kamis, 29 Juli 2010 nanti, para finalis akan unjuk kemampuan dan penampilan untuk terakhir kalinya pada acara Malam Final Pemilihan Abang & None Jakarta 2009 yang akan diselenggarakan di Istora Senayan Jakarta.

Ada yang berbeda dari Ajang Pemilihan Abang & None Jakarta kali ini. Tema Pemilihan Abang dan None tahun yakni, Jakartaku Hijau, Budayaku Berkilau, menjadi momentum strategis untuk terus menumbuh kembangkan kelestarian lingkungan serta meningkatkan partisipasi secara aktif generasi muda dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan Ibu kota Jakarta. Yang mana ini merupakan upaya untuk membangun ibu kota Jakarta menjadi makin nyaman dan sejahtera untuk semua orang.

“Disamping kemampuan, tahun ini mereka harus mengikuti program-program Pemerintah Provinsi DKI . Jakarta hijau adalah program unggulan,” papar Tinia Budiati Wakil Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Propinsi DKI Jakarta kepada wartawan, saat konferensi press Abang None 2010 di Ruang Orchid, Level Lobby, Grand Tropic Suites Hotel, Jumat (23/7/2010).

Terkait Abang dan None harus memberikan kontribusi terhadap kenyamanan Kota Jakarta, ke-36 finalis telah pula dinobatkan pula sebagai Duta Lalu Lintas pada 17 Juli 2010 yang lalu.

Selama masa karantina, para finalis diberikan pembekalan dalam bidang teknik penampilan dan tata busana, pemerintahan dan pengetahuan umum, kepariwisataan, bahasa asing, Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), public relations dan marketing, etiket dan kepribadian, serta sejarah Jakarta dan kebudayaan Betawi.

Penjurian juga dilakukan pada masa karantina, oleh Dewan Juri Pemilihan Abang & None Jakarta 2010 yang terdiri dari H. Drs. Rusdi Saleh untuk bidang Sejarah & Kebudayaan Betawi, Dr. Rosemini AP, Mpsi untuk bidang Psikologi, Drs. Robert P. Silalahi, M.Si untuk bidang Pemerintahan dan Pengetahuan Umum, Ratih Sanggarwati, SE untuk bidang Teknik Penampilan dan Tata Busana, Dr. RA. Tity Koesoemo, Dipl. Sc. Po., MA., MBA untuk bidang Kepariwisataan dan Kemampuan Berbahasa Asing, Hermawan Kartajaya untuk bidang Public Relations & Marketing, dan Prita Kemal Gani, MBA, MCPR, APR untuk bidang Etiket & Kepribadian.

“Pemilihan ABNON memiliki kualitas yang makin meningkat. Selama 29 tahun diperbaiki. Ini adalah pemilihan yang paling bermutu di seluruh Indonesia. Mereka diminta menjadi Ambassador Jakarta. Siapapun yang menang, mereka bisa menggunakan komunitas-komunitas yang mereka miliki (seperti twitter) untuk mempromosikan Jakarta,” ungkap Hermawan Kartajaya.

Tercatat sebanyak 1.342 peserta yang ikut mendaftar di ajang ABNON 2010. Namun, hanya 36 finalis terbaik yang berhasil disaring untuk bersaing di ajang DKI. “Dengan standar kualifikasi yang ketat sejak seleksi di tingkat wilayah dengan lebih mengutamakan kriteria penampilan, intelektualitas dan perilaku dengan bobot yang proporsional, dapat dikatakan bahwa 36 finalis tahun ini rata-rata memiliki profil yang berbobot,” papar Ketua Dewan Juri Provinsi Rusdi Saleh.

Dalam proses penjurian, nilai para finalis dinilai dari sisi psikologi dengan bobot 20 persen, penampilan dengan bobot 10 persen, pengetahuan tentang pemerintahan dengan bobot 10 persen, kemampuan bahasa asing dengan bobot 15 persen, etika dengan bobot 15 persen, pengetahuan tentang sejarah kebudayaan Betawi dengan bobot 15 persen dan public relations dengan bobot 15 persen.

”Tugas dan tanggung jawab Abang dan None terpilih sebagai Duta Wisata dan Budaya tidak ringan, sehingga Abang dan None terpilih harus memiliki wawasan luas serta pemahaman yang baik terhadap pariwisata dan budaya Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sehingga, pembekalan pada masa karantina semaksimal mungkin ditujukan untuk mempersiapkan mereka untuk menjadi Duta Wisata dan Budaya yang handal”, tambah Rusdi.

Masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT DKI Jakarta yang ke-483, Malam Final Pemilihan Abang dan None Jakarta 2010 akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta H. Fauzi Bowo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta H. Prijanto. Acara ini akan ditayangkan secara langsung oleh Global TV.

Acara itu menampilkan artis-artis ibu kota seperti Sherina, Vidi Aldiano, Petra Sihombing, RAN dan The Changcuter, serta penampilan dari ke-36 finalis, dan dipandu oleh MC Indra Bekti dan Indy Barends. [okezone]

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive