Saturday, July 24, 2010

Gunung Lumpur Lapindo Bergerak

·

Gawat.....! Gunung Lumpur Lapindo Bergerak

SIDOARJO- Gunung lumpur di pusat semburan mengalami pergerakan ke arah lembah dan menabrak tanggul lingkar luar sektor utara berlanjut ke sektor barat.



Pergerakan ini dikhawatirkan berpengaruh terhadap kekuatan tanggul. Karena pergerakan lumpur bercampur air itu sedang mencari titik keseimbangan alamiah. Jika terjadi longsoran, maka Jl Raya Porong terancam.

"Air memiliki gaya tekan ke bawah sama dengan gaya dorong ke samping, jika yang ada di sekitar tanggul adalah air, jebolnya atau longsornya tanggul mungkin saja terjadi," tutur staf Humas BPLS Ahmad Kusairi, dikutip surya.co.id. Sabtu (24/7).
"Air memiliki gaya tekan ke bawah sama dengan gaya dorong ke samping, jika yang ada di sekitar tanggul adalah air, jebolnya atau longsornya tanggul mungkin saja terjadi,"
Staf Humas BPLS, Ahmad Kusairi
Secara struktur padatan lumpur yang ada di sekitar area semburan cepat kering, maka gaya dorong ke samping yang dihasilkan tak begitu besar dan tanggul masih dalam status aman. Lain bila material lumpur itu kasar, maka kecenderungan membuat lereng semakin tinggi.

Dijelaskan Ahmad, kondisi lumpur di sekitar gunung lumpur jika dilihat dari atas memang mengering. Namun di bagian bawah belum tentu kering sehingga masih menimbulkan gerakan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, BPLS terus memantau dan menangani agar permukaan lumpur dan tanggul dalam kondisi aman. Caranya, yakni meninggikan tanggul satu meter di titik 21 hingga 71 di Desa Siring, Kecamatan Porong hingga Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin.

Ari menjelaskan, di kolam penampungan lumpur di Siring hingga Ketapang merupakan titik terendah sehingga air bercampur lumpur bakal menggenanginya. Selain itu, di sekitar exit Tol Porong yang masih masuk Desa Siring juga mengalami penurunan tanah sekitar 90 cm.

Seperti diberitakan, peninggian tanggul dilakukan karena tanggul di sekitar Desa Siring belum sesuai dengan rencana awal yaitu 11 meter dari permukaan laut. Tinggi tanggul sekarang ini sekitar sembilan meter sehingga masih perlu peninggian. Jika peninggian selesai, maka elevasi tanggul mencapai 10 meter dan mendekati desain rencana awal tanggul. (*)
Editor : widodo
Sumber.Tribunnews.com

0 comments:

Umur Bayi

Umur Bayi

task reader

Contoh

Contoh Surat Lamaran Kerja

obat sakit gigi

Blog Archive